Laman

13 Maret 2011

BATU KONENG DI SAGARANTEN



Tianhuang” atau di daerah Sagaranten dikenal dengan sebutan Batu koneng / batu sabun adalah nama dari jenis batu yang dianggap sebagai batu yang paling berharga dari semua bahan batu patung di Negara Cina.
Karena alasan ini ada yang menyebut tianhuang sebagai “raja batu” dari Cina. Bahkan karena sangat berharganya, dulu satu ons dari tianhuang bernilai sama dengan satu ons emas, semua itu berlanjut hingga sekarang, dan tianhuang tetap menjadi lebih berharga.
Pada musim gugur 1996, Beijing Hanhai Perusahaan menempatkan 460gram di pertengahan Qing tianhuang. Hiasan diukir dengan bagian atas berbentuk naga dilelang dengan harga penawaran awal 300,000-50,000 yuan, hingga akhirnya terjual dengan kesepakatan tertinggi 1.4milliar yuan.
Tianhuang didapat di pegunungan oleh Stream Shoushan di pinggiran utara Fuzhou, ibukota FujianProvince. Di zaman kuno dulu, batu-batuan jatuh dari gunung dan mengendap di lapisan pasir yang terletak di bawah sawah oleh Stream Shoushan, dan secara bertahap berubah menjadi semacam bijih berpasir sedimental yang disebut tianhuang (yang secara harfiah berarti “lapangan dan kuning “).
Kebanyakan tianhuang ditambang dari bawah sawah, jenisnya bermacam-macam dibedakan berasarkan warnanya yaitu merah, putih, hitam dan abu-abu dan dikenal juga dengan sebutan hongtian, heitian baitian, dan huitian.
Setelah berabad-abad banyak pertambangan konstan, batu ini digolongkan ke dalam batu non-eksistensi. Dengan tekstur kristal dan lembab, tianhuang dianggap sebagai bahan terbaik yang tersedia untuk ukiran atau segel, dinegara Cina.

2 komentar:

  1. di jual tanah yang ada batu koneng. sudah terbukti dan di surpai. bagi agan yang berminat ingin berbisnis dan mendirikan menggali batu koneng. ada tanah yqng sudah di uju ada batu koneng di jual. penawaran harga Rp. 350 jt. yg berminat hub. pin bb. 74DA6C81

    BalasHapus
  2. di jual tanah yang ada batu koneng. sudah terbukti dan di surpai. bagi agan yang berminat ingin berbisnis dan mendirikan menggali batu koneng. ada tanah yang sudah di uji ada batu koneng di jual. penawaran harga Rp. 350 jt. yg berminat hub. pin bb. 74DA6C81/0857-9498-5440

    BalasHapus